logo mahkamah agung website ramah difable

Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Bandung

Selasa, 17 April 2018, sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B, telah kedatangan Tim dari Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Kunjungan tersebut dalam rangka Pembinaan dan Pengawasan dari Pengadilan Tinggi Jawa Barat yang dipimpin oleh Bapak Leonardus Butar-Butar, S.H., M.H beserta rekan Hakim Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Barat lainnya, yaitu Bapak I Nyoman Dika, S.H., M.H., Bapak Tumpak Situmorang, S.H., M.H., Panitera yaitu Bapak H. Nanang Priatna, S.H., dan Kasub Bag Tata Usaha dan Rumah Tangga, Bapak Sri Suratno Wibowo, S.T. Setibanya di Kantor Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B, Tim Pengawas disambut oleh Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B, kemudian Tim Pengawas langsung melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang dilakukan mengenai Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara Pidana & Perdata, Administrasi Persidangan Pidana & Perdata, Administrasi Umum, Administrasi Keuangan, Administrasi Kepegawaian, PTSP, Penerapan SIPP, dan pelaporan (IT).

 

Bertempat di ruang sidang utama Ketua Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B, mengucapkan terimakasih atas kedatangan Hakim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Selanjutnya Bapak Tumpak Situmorang, S.H., M.H. menyampaikan bahwa pada prinsipnya 98% Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan sebagian besar telah mengikuti SOP yang ada. Meskipun demikian masih terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi. Tim Pengawas berharap agar beberapa kekurangan tersebut untuk segera dilengkapi dan dibenahi serta berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

 

Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B menyampaikan agar setiap pegawai Pengadilan Negeri Ciamis Kelas 1B untuk dapat menjadikan pedoman dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi kekurangan dan arahan dari Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Pada akhir penjabarannya Bapak Leonardus Butar-Butar, S.H., M.H menyampaikan terima kasih atas kesediaannya menerima dengan baik Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Jawa Barat dalam melaksanakan tugas pengawasan yang diakhiri dengan foto bersama.